25 Tempat Wisata Terbaik di Yogyakarta

25 Tempat Wisata Terbaik di Yogyakarta - Hai para pengunjung AyoWisata99, dikesempatan yang sangat baik ini kami akan membagikan sebuah informasi yang berjudul 25 Tempat Wisata Terbaik di Yogyakarta , bagi kalian yang sudah penasaran langsung saja baca artikelnya dibawah ini

Baca juga :


25 Tempat Wisata Terbaik di Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta adalah Daerah Istimewa setingkat provinsi di Indonesia yang merupakan peleburan Negara Kesultanan Yogyakarta dan Negara Kadipaten Paku Alaman. Daerah Istimewa Yogyakarta terletak di bagian selatan Pulau Jawa, dan berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah dan Samudera Hindia.

Daerah dengan suasananya yang khas dan selalu meninggalkan rindu di hati para pelancong ini memang tidak pernah sepi dari turis, baik turis domestik maupun mancanegara, terutama di hari-hari libur sekolah, akhir tahun, dan hari raya tertentu. 


Sebagai sebuah kota yang cukup besar di Pulau Jawa Yogyakarta mempunyai tempat wisata dengan pemandangan yang sangat indah, jika anda ingin berlibur ke suatu tempat disinilah tempat yang cocok, dijamin anda tidak akan kecewa tetapi anda akan merasakan senang apalagi jika anda berkunjung dengan sanak saudara atau keluarga dijamin pasti liburan kalian akan lebih menyenangkan.

Berikut 25 daftar Tempat Wisata Terbaik di Yogyakarta yang wajib harus anda kunjungi :

1. Candi Borobudur


Candi ini sudah sangat terkenal sampai ke penjuru belahan dunia, Candi Borobudur adalah sebuah candi Buddha yang terbesar di dunia. Letaknya sekitar 40km jika dari Yogyakarta, Sampai sekarang ini Candi Borobudur masih dikunjungi oleh banyak biksu yang berasal dari berbagai penjuru untuk berziarah karena Candi Borobudur merupakan sebuah tempat suci bagi mereka umat Buddha.

2. Candi Prambanan


Salah satu Candi yang paling terkenal di Indonesia setelah Candi Borobudur adalah Candi Prambanan yang merupakan salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang wajib dikunjungi. Candi Prambanan adalah kompleks candi Hindu yang paling besar di Indonesia, Candi Prambanan dihiasi dengan banyak relief yang diukir mengelilingi candi yang mengisahkan tentang kisah Ramayana dan Krishnayana.

3. Candi Plaosan


Candi Plaosan terletak dekat dengan Candi Prambanan, memiliki pesona unik di antara sejumlah tempat wisata candi di Jogja. Candi Plaosan ini dibangun oleh Rakai Panangkaran, salah seorang raja dari Dinasti Syailendra, yang juga mendirikan Candi Borobudur dan Candi Sewu. Candi ini disebut juga candi kembar, terbagi atas dua bagian, yakni Candi Plaosan Kidul dan Candi Plaosan Lor. Letak keduanya saling berdekatan, hanya berjarak sekitar 100 meter.

4. Candi Sambisari


Jika kamu berkunjung ke Kecamatan Kalasan, Sleman, DIY, sempatkan untuk mampir ke Dusun Sambisari yang terletak di Kelurahan Purwomartani. Ada sebuah candi Hindu kecil yang dinamai Candi Sambisari. Candi ini ditemukan oleh seorang petani pada tahun 1966 di areal yang awalnya merupakan persawahan. Para ahli purbakala membutuhkan waktu 21 tahun untuk menyusun kembali batu-batu candi ini.

5. Gunung Merapi


Sebuah Gunung yang paling terkenal di Yogyakarta bahkan Indonesia, sebelum meletus, Gunung ini pernah menjadi Gunung yang tertinggi di pulau Jawa yaitu Gunung Merapi. Gunung Merapi merupakan salah satu lokasi wisata yang favorit di Yogyakarta, khususnya bagi para pecinta alam yang hobi trekking pendakian gunung , dipuncak Gunung para pendaki dapat menikmati keindahan matahari terbit yang indah.

6. Puncak Suroloyo


Gak perlu jauh-jauh mendaki gunung buat menikmati matahari terbit di atas awan. Puncak Suroloyo yang terletak di Pegunungan Menoreh, Kulon Progo, DIY, ini menawarkan pesona matahari terbit dengan hamparan awan yang gak kalah keren dari gunung-gunung yang terkenal di Yogyakarta. Dari gardu pandang tertinggi di 1.019 mdpl, kamu bisa memandang empat gunung—Merapi, Merbabu, Sumbing, dan Sindoro—serta Candi Borobudur yang kadang tertutup kabut dari kejauhan.

7. Pantai Parangtritis


Sebuah Pantai yang paling terkenal di Yogyakarta yaitu Pantai Parangtritis. Lokasinya berada sekitar 26km di arah selatan jika dari pusat kota Yogyakarta, Pantai Parangtritis memiliki ombak dan arus yang cukup besar. Keunikan yang dimiliki pantai Parangtritis adalah terdapat bukit pasir yang biasa disebut gumuk yang ada di sekitar pantai. Jika Anda ingin mendapatkan pengalaman yang berbeda, Anda bisa mencoba untuk bermain paralayang di Bukit Parangndog.

8. Pantai Pok Tunggal


Gunung Kidul populer dengan beberapa pantainya yang berpasir putih. Namun, ada suatu pantai yang unik lantaran tersembunyi diantara tebing-tebing karang yang terjal. Pok Tunggal, namanya. Untuk hingga ke Pantai Pok Tunggal, anda dapat memakai kendaraan atau trekking dari segi timur Pantai Indrayanti. Disini, ada suatu pohon Duras sebagai ikon pantai ini. Nama Pok Tunggal juga datang dari kehadiran Pohon Duras yang jadi vegetasi hanya satu disini. Pohon Duras itu cuma mempunyai satu basic pohon (pok), hingga bikin masyarakat seputar menamai pantai yang ada di dekatnya dengan Pok Tunggal.

9. Pantai Baron


Pantai yang jaraknya berada sekitar 65km dari pusat kota Jogja ini mempunyai pesona pemandangan yang indah serta yaitu tempat untuk Anda yang mau menyantap bermacam hidangan laut. Pantai Baron ini sebenarnya yaitu suatu teluk dengan kehadiran dua buah bukit yang mengapitnya di segi kiri serta kanannya. Daya pikat tempat wisata pantai Jogja yang satu ini yaitu pada sajian kuliner laut yang lezat. Anda bisa mencicipi lobster, ikan kakap, bawal putih, sampai tongkol. Pantai Baron yaitu juga dermaga untuk beberapa nelayan, Anda bakal menjumpai ada pelelangan ikan di lokasi pantai ini.

10. Pantai Indrayanti


Pantai Indrayanti sangat memukau beberapa penggemar wisata pantai. pantai ini terdapat di pesisir selatan propinsi Jogjakarta tepatnya di kabupaten Gunungkidul. Masih tetap satu jejeran dengan pantai Baron, pantai Kukup, pantai krakal serta pantai Sundak. Pantai ini baru populer pada satu tahun lebih paling akhir ini. Maklum, dulunya pantai ini tak dikelola dengan cara profesional.

11.  Gua Jomblang



Tempat wisata di Yogyakarta ke tiga belas yang masih berlokasi tak jauh dari Jogja bagian selatan adalah gua tersembunyi bernama Gua Jomblang. Berada diantara daerah karst Gunung Kidul, goa vertikal ini paling baik dikunjungi saat matahari sedang di puncak kepala, atau sekitar pukul 10-12 siang. Dengan begitu, seketika Anda di dalam gua, Anda akan disuguhi cahaya terang yang masuk ke dalam goa melaui celah gua tempat Anda masuk. “Cahaya surga” ini sangat indah. Belum dengan vegetasi khas dalam gua yang berusia purba, semakin membuat penjelajahan Anda semakin berkesan.

12. Cave Tubing di Kalisuci



Cave tubing adalah kegiatan susur goa menggunakan ban dalam atau body raftingmelewati sungai yang terletak di dalam bumi. Belakangan ini, yang sedang naik daun adalah aktivitas cave tubing  di Goa Pindul, Gunung Kidul, DIY; tempat itu selalu dipadati wisatawan. Tapi, sebenarnya ada satu lagi lokasi cave tubing yang gak kalah seru, yaitu Kalisuci,

13. Goa Selarong


Tempat wisata Jogja yang satu ini dikenal pula sebagai tempat wisata religius di Jogja. Banyak pengunjung datang ke Goa Selarong untuk melakukan meditasi dan aneka ritual lainnya. Goa Selarong adalah tempat di mana perjuangan Pangeran Diponegoro berpusat, yang menjadi markas gerilya dalam peperangan melawan penjajahan Belanda.

14. Desa Dan Hutan Wisata Kalibiru


Tempat wisata di Jogja ke enam yang tak kalah menarik untuk dikunjungi ada di pegunungan Manoreh, kabupaten Kulonprogo. Disini ada Kalibiru, desa dan hutan wisata yang menjadi ekowisata yang belum banyak diketahui orang. Hutan wisata kaibiru ini cocok untuk Anda yang inigin menaikmati trekking dengan latar pepohonan hijau nan cantik.

15. Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk Jogja

Saat pulang dari Pantai Siung kembali ke Kota Jogja, alangkah baiknya Anda mampir ke Air Terjun Sri Gethuk yang berada di Gunung Kidul. salah satunya adalah pesona keindahan air yang terjun bebas ke bawah dari ketinggian yang menawan, yang bisa Anda temukan di kawasan Air Terjun Sri Gethuk. Alamatnya ada di Desa Wisata Blebean, di ngarai Sungai Oya. Air terjun ini mengalir di sela-sela batuan karst khas Gunung Kidul dan tak henti-henti mengalir meskipun memasuki musim kemarau.

16. Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan Jogjakarta

Kota mana di dunia ini yang makin hari tak makin menjadi panas? Sepertinya tak ada. Kondisi ini juga dialami oleh Kota Jogja. Wisata Jogja bagian kota memang masih istimewa, tapi jika suasana gerah, mana bisa kita menikmati keistimewaan Jogja dengan meksimal? Bukan sedang menunjuk siapa yang salah, tapi kami sedang merekomendasikan sebuah objek wisata Jogja yang masinh tersembunyi namun bisa jadi tempat unutk melarikan diri sejenak dari gerahnya kota. Tempat ini adalah Hutan Pinus Mangunan di daerah Dlingo, Bantul. 

17. Curug Indah Tegalrejo



Secara administratif. Curug Indah Tegalrejo ini terletak di Tegalrejo, ujung timur Gunung Kidul, Yogyakarta. Tapi, masyarakat setempat juga menyebutnya Curug Bayat, karena lokasinya yang berbatasan dengan daerah Bayat, Klaten. Untuk akses menuju ke tempat ini, memang jauh lebih cepat jika kamu melewati Klaten lalu belok ke selatan menuju Bayat. Dari Yogyakarta, kamu bisa sampai ke Curug Indah Tegalrejo dalam jangka waktu 1 jam, dengan menggunakan motor atau mobil.

18. Arung Jeram Citra Elo


Arung Jeram Citra Elo adalah salah satu arung jeram yang ada di Yogyakarta. Arung Jeram Citra Elo adalah arung jeram yang paling cocok untuk keluarga atau pemula karena arusnya yang tidak berbahaya bila dibandingkan dengan sungai lain di sekitar Yogyakarta. Selain itu Arung Jeram Citra Elo juga dapat dimainkan kapan saja, tidak seperti sungai lain di Yogyakarta yang kebanyakan hanya dapat diarungi pada saat musim hujan saja.

19. Kebun Binatang Gembira Loka


Kebun Binatang Gembira Loka adalah sebuahtempat wisata keluarga di Yogyakarta yang mempunyai banyak koleksi hewan dari berbagai tempat di dunia. Selain dapat melihat dan berinteraksi dengan berbagai jenis hewan seperti selayaknya kebun binatang pada umumnya, anda juga dapat bermain di beberapa wahana permainan yang terdapat di Kebun Binatang Gembira Loka. Wahana permainan yang ada di Kebun Binatang Gembira Loka yaitu kolam tangkap ikan, sepeda air, ATV, perahukayuh, menunggang gajah, menunggang onta, dan lain-lain. 

20. Museum Sonobudoyo

Museum Sonobudoyo

Inilah museum di Jogja yang menyuguhkan Anda akan sejarah, budaya, dan arsitektur bangunan Jawa yang mengagumkan. Diresmikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwana VIII pada tahun 1935, Museum Sonobudoyo adalah rumah koleksi budaya dan sejarah Jawa yang paling lengkap di Indonesia setelah Museum Nasional Republik Indonesia yang ada di Jakarta.

21. Bukit Bintang


Jika kamu tertarik dengan pemandangan lampu kota Jogja di malam hari, ada tempat sempurna buat kamu singgahi. Terletak di Jalan Jogja–Wonosari, tepatnya di Bukit Pathuk, Gunung Kidul, kamu bisa melihat panorama kota Yogyakarta di malam hari dari ketinggian 150 meter. Di tempat ini, berjajar sejumlah warung makan di tepi jurang yang menawarkan aneka makanan dengan harga ringan.

22. Bukit Parangndog



Setelah agak tegang, saatnya Anda menurunkan tensi dengan mengajak orang tercinta ke sebuah tempat romantis di selatan Jogja: Bukit Parangdog. Jalurnya sama dengan jalur menuju pantai Parangtritis, namun Anda mesti berbelok ke timur menuju jalan agak terjal dan berbelok-belok hingga Anda menemukan bukit romantis itu. Tempat wisata di Jogja biasa dipakai sebagai landasan pacu paralayang. Pemandangan dari tempat ini luar biasa bagus. Anda bisa memandang pantai Parangtritis sampai Parangkusumo dari ketinggian. Laut lepas ada di depan mata kita, menghampar luas sampai ufuk yang memerah jika kita disana saat sore tiba.

23.  Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta

Tidak kalah menariknya, Keraton Yogyakarta juga merupakan salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang terkenal. Keraton Yogyakarta adalah sebuah bangunan yang bersejarah dari kesultanan Yogyakarta yang menjadi tempat tinggal Sultan dan keluarganya. Selain Anda bisa menikmati keindahan arsitektur kuno, disini Anda juga bisa berkunjung ke sebuah museum yang memiliki koleksi barang-barang milik kesultanan Yogyakarta yang sebagian besar merupakan hadiah dari para raja Eropa.

24. Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta

Berada di pusat kota Jogja, Taman Pintar Yogyakarta adalah sebuah  laboratorium dengan kemasan rekreasi yang sangat bermanfaat bagi para pelajar. Inilah tempat di mana para siswa dapat secara bebas dan leluasa mendalami pelajaran sains di sekolah melalui pengamatan langsung. Sebagai wahana rekreasi dan belajar, Taman Pintar terbuka untuk umum tidak terkecuali bagi rombongan pelajar. Tersedia berbagai fasilitas penunjang, diantaranya adalah food court, ruang audiovisual, area bermain (playground), dan ruang pertemuan multifungsi (exhibition hall).

25. Jalan Malioboro


Tujuan utama dari berbagai wisatawan yang ingin liburan ke Jogja yaitu adalah Jalan Malioboro. Jalan yang paling terkenal di Yogyakarta dan sudah menjadi tempat wisata di Yogyakarta yang paling terkenal. Disini, untuk berfoto di penanda Jalan Malioboro saja sering kali harus mengantri lebih dahulu dengan pengunjung lain. Nama dari Jalan Malioboro berasal dari bahasa Sansekerta yang artinya adalah karangan bunga. Jalan Malioboro akan memberikan Anda para pengunjung sebuah pengalaman wisata belanja dan wisata kuliner yang tidak ada habisnya.


Bagaimana? Apa pendapat kalian tentang artikel 25 Tempat Wisata Terbaik di Yogyakarta

Demikianlah artikel tentang 25 Tempat Wisata Terbaik di Yogyakarta , semoga bermanfaat.

Anda sedang membaca artikel 25 Tempat Wisata Terbaik di Yogyakarta dengan URL https://ayowisata99.blogspot.com/2015/11/25-tempat-wisata-terbaik-di-yogyakarta.html Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk Anda.