20 Tempat Wisata di Turki yang Indah dan Harus Dikunjungi

20 Tempat Wisata di Turki yang Indah dan Harus Dikunjungi - Hai para pengunjung AyoWisata99, dikesempatan yang sangat baik ini kami akan membagikan sebuah informasi yang berjudul 20 Tempat Wisata di Turki yang Indah dan Harus Dikunjungi, bagi kalian yang sudah penasaran langsung saja baca artikelnya dibawah ini

Baca juga :


20 Tempat Wisata di Turki yang Indah dan Harus Dikunjungi

Tempat wisata di Turki - Menurut saya tempat wisata di Turki sangat indah, banyak tempat yang bisa Anda jelajahi di sana. Turki mempunyai banyak peninggalan sejarah arsitektur kuno yang masih tertata dengan rapih dan bagus, pantai-pantai yang indah serta wisata alam yang memukau. Bila Anda berencana mengunjungi Turki, kami punya informasi tempat wisata di Turki yang menarik dan harus dikunjungi sebagai berikut.

20 Tempat Wisata di Turki yang Indah dan Harus Dikunjungi

1. Tempat Wisata di Turki - Hagia Sophia

Hagia Sophia atau Ayasofya terletak di Istanbul, merupakan salah satu bangunan bersejarah di Turki yang cukup menarik perhatian wisatawan. Hagia Sophia ini dulunya merupakan sebuah gereja, namun setelah Konstantinopel (Istanbul) ditaklukan oleh Sultan Mehmed, bangunan ini dirubah fungsinya menjadi masjid dan pada saat Mustafa Kemal Atatürk berkuasa, bangunan ini dirubah fungsinya lagi menjadi museum, sehingga Hagia Sophia sekarang terbuka untuk siapa saja yang ingin mengunjunginya.

2. Galata Bridge

Galata Bridge adalah sebuah jembatan di atas selat Golden Horn yang menghubungkan kawasan kota tua Istanbul dengan daerah Karakoy. Galata Bridge ini terdiri dari dua lantai yang di bawahnya terdapat restoran yang menjajakan makanan khas turki, sedangkan pada sore harinya banyak warga yang memancing di jembatan ini. Dengan melalui Jembatan Galata Anda juga bisa menuju ke Istiklal Caddesi dan Taksim dengan jalan kaki dari Kota Tua.

3. Galata Tower

Dengan melalui jembatan Galata Tower dari Kota Lama Istanbul, saat berada Karakoy Anda bisa menemukan Galata Tower yang juga sering dikunjungi turis. Menara Galata dibangun pada tahun 1348 dan masih berdiri kokoh hingga saat ini. Pengunjung bisa naik ke tempat observasi yang berada di lantai atas menara untuk melihat pemandangan Istanbul secara 360 derajat. Namun lantai observasi menara galata cukup sempit, jadi harus bergantian dengan pengunjung lain.

4. Tempat Wisata Religi di Turki - Blue Mosque

Masjid Sultan Ahmed atau yang dikenal dengan Blue Mosque juga menjadi daya tarik tersendiri di Turki. Masjid ini dibangun antara tahun 1609 dan 1616 oleh Sultan Ahmed dan sang arsiteknya yang bernama Sedefkâr Mehmet Ağa, masjid ini lebih populer dengan sebutan Blue Mosque karena interiornya dihiasi keramik biru, lokasinya terletak persis di depan Museum Hagia Sophia.

5. Basilica Cistern

Basilica Cistern atau Yerebatan Sariyi dahulu merupakan tempat penampungan air bawah tanah yang dibangun oleh Justinianus I sang penguasa Kekaisaran Byzanthium, untuk memenuhi kebutuhan air bersih di daerah kekuasaannya. Basilica Cistern sempat terlantar dan hilang namun ditemukan kembali pada tahun 1550-an dan setelah mengalami renovasi beberapa kali, akhirnya Basilica Cistern di buka untuk umum dan sekarang telah menjadi tempat wisata di Turki yang populer dikunjungi.

6. Topkapi Palace

Topkapi Palace adalah istana tempat tinggal kerajaan kekhalifahan Ottoman selama hampir 400 tahun, istana ini dibangun pada tahun 1460 dan selesai pada 1478 atas perintah Sultan Mehmed II yang berhasil menaklukan Istanbul. Mengunjungi Topkapi Palace sangat menarik terlebih lagi bagi umat muslim karena di dalamnya terdapat peninggalan suci penting dari dunia Muslim, termasuk pedang dan jubah Nabi Muhammad SAW.

7. Dolmabahce Palace

Dolmabahce Palace (Dolmabahce Sarayi) juga menjadi incaran turis yang berkunjung ke Turki terutama di daerah Istanbul, Istana Dolmabahce ini dibangun oleh Sultan Abdul Mecid yang merupakan sultan ke 31 Ottoman dibuat sebagai tempat tinggal kedua setelah Topkapi Palace. Istana ini juga pernah digunakan oleh Mustafa Kemal Ataturk yang pernah berkuasa dan ia meninggal di istana ini.

8. Wisata Belanja di Turki - Grand Bazaar

Grand Bazaar terletak di Eminonu, Istanbul, merupakan pasar tertutup, terbesar dan tertua di dunia yang dibangun pada masa kekaisaran Ottoman. Pasar ini cukup terkenal dijunjungi wisatawan di Turki, di sana terdapat lebih dari 3 ribu toko yang menjual aneka barang mulai dari oleh-oleh makanan, pakaian, perhiasan, barang elektronik dan banyak lagi lainnya.

9. Spice Bazaar

Selain Grand Bazaar, ada lagi pasar di Turki yang juga dikenal wisatawan yaitu Spice Bazaar (Misir Carsisi). Sesuai dengan namanya Spice Bazaar ini menjual aneka rempah-rempah, manisan, madu, teh apel turki, kacang-kacangan dan masih banyak lagi lainnya dengan harga yang bervariasi. Menurut sejarahnya Spice Bazaar ini disebut juga dengan Egyptian Bazaar karena rempah-rempah yang dijual sebagian besar berasal dari Mesir.

10. Suleymaniye Mosque

Suleymaniye Mosque adalah sebuah masjid di Turki yang berada di dalam area seluas 730.970,83 m², Masjid ini dibangun oleh Sultan Sulaiman antara tahun 1550-1557 dan diarsiteki oleh Mimar Sinan. Selain terdapat masjid Suleymaniye di dalam area komplek ini juga terdapat makam Sultan serta kerabatnya.

Tempat Wisata di Cappadocia Turki dan Sekitarnya

11. Wisata Alam di Turki - Göreme

Göreme adalah tempat wisata di Turki yang harus Anda kunjungi, letaknya berada di Cappadocia (Kapadokya) yang menjadi tujuan wisata paling favorit setelah Istanbul. Goreme merupakan nama sebuah kota sekaligus nama lembah dengan formasi batuan unik akibat erosi yang dikenal sebagai "fairy chimneys”. Untuk menikmati goreme secara panoramic view anda bisa menuju ke Goreme Esentepe.

12. Naik Balon Udara di Kapadokya

Selain menjelajah daratan Goreme, wisatawan yang berkunjung juga bisa menikmati landscape Cappadocia melalui balon udara, ada banyak penyedia tur Balon Udara yang bisa wisatawan ikuti serta pilihan kapasitas penumpang dan lama terbang. Naik Balon Udara di Cappadocia menjadi hal yang banyak digemari saat berkunjung ke Cappadocia, jadi jangan lewatkan kesempatan ini saat ke Turki.

13. Derinkuyu Underground City

Tempat wisata lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Derinkuyu Underground City yang merupakan salah satu Kota bawah tanah di Turki. Kota bawah tanah ini terdiri dari 8 lantai dengan kedalaman 85 meter yang dapat menampung puluhan ribu orang. Kota ini memiliki sekitar 600 pintu yang mengantarkan kita menuju ke beberapa ruangan. Walaupun pintu-pintunya terbuat dari bebatuan besar, tetapi sangat mudah digunakan.

13. Ihlara Valley

Ihlara Valley merupakan sebuah lembah atau ngarai yang sangat Panjang, letaknya ada di Guzelyurt provinsi Aksaray sekitar 1 jam dari Goreme dengan menggunakan mobil. Berbeda dengan Goreme yang tandus, Ihlara Valley ini lebih banyak ditumbuhi rerumputan dan pepohonan. Ihlara Valley menjadi unik karena sejarah kuno penghuninya, dimana sisi tebingnya dipakai sebagai tempat tinggal dan memiliki gereja-gereja dari periode Bizantium yang dibangun oleh kaum Cappadokian Greek.

Tempat Wisata di Denizli Turki

14. Pamukkale / Traventine

Pamukale juga menjadi tempat wisata di Turki yang sering dikunjungi, letaknya ada di wilayah Denizli. Pamukale adalah situs wisata alam berupa pemandian air panas alami yang dikenal juga dengan nama Traventine. Secara harfiah Pamukale mempunyai arti "cotton castle" hal ini disebabkan endapan yang berasal dari air tersebut berwarna putih.

15. Hierapolis

Hierapolis ini letaknya berada di atas Traventine, biasanya turis ke traventine dulu baru ke Hierrapolis namun bisa juga sebaliknya. Hierapolis adalah bekas kota kuno yang sekarang hanya tinggal reruntuhannya saja dan situs ini telah dinobatkan oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia sejak tahun 1988.

Tempat Wisata di Selcuk Turki

16. Ephesus

Ephesus atau Efes terletak di Selcuk Provinsi Izmir, adalah sebuah situs arkeologi berupa sisa-sisa bangunan Kota Yunani Kuno yang kemudian menjadi kota besar pada masa Kerajaan Romawi. Kota ini dahulu terkenal di dunia Mediterania karena ada Kuil Artemis yang merupakan salah satu dari tujuh keajaiban dunia kuno namun sekarang kuil tersebut hanya tersisa pilarnya saja. Tetapi jangan khawatir masih banyak sisa bangunan setengah utuh yang bisa pengunjung lihat, salah satunya adalah Library of Celcus.

Tempat Wisata di Antalya Turki

17. Aspendos Theater

Jika Anda jalan-jalan ke Antalya, tepatnya ke Serik, di sana ada sebuah objek wisata yang menarik perhatian wisatawan yaitu sebuah situs kota kuno yang bernama Aspendos (belkis). Bangunan yang paling menarik di sana adalah Aspendos Theater (Amphitheater) yang masih cukup utuh, banyak yang mengatakan teater ini merupakan yang terbaik di dunia karena tanpa bantuan mic dan sound, suara penyanyi di bawah bisa terdengar sampai ke atas teater.

18. Wisata Air Terjun di Turki - Karpuzkaldiran Waterfall

Bagi yang ingin mengunjungi air terjun di Turki mungkin Anda bisa mencoba mengunjungi Karpuzkaldiran Waterfall (namun ada juga yang menyebutnya dengan Duden Waterfall), letaknya ada di pinggir laut Antalya. Keunikan dari air terjun ini adalah karena letaknya berada di pinggir laut jadi air yang jatuh dari air terjun ini langsung ke laut. Ada dua cara untuk menikmati air terjun ini yang pertama dari atas dan kedua dari bawah dengan perahu.

Tempat Wisata Adiyaman Turki

19. Mount Nemrut

Gunung Nemrut terletak di Adiyaman Turki merupakan sebuah gunung yang memiliki ketinggian 2.100 meter di atas permukaan laut, yang membuat gunung nemrut ini menjadi tempat wisata di Turki yang menarik adalah karena adanya peninggalan arkeologis berupa reruntuhan Kerajaan Commagene yang dibangun pada abad 1 SM. Reruntuhan tersebut berupa  patung-patung kepala, relief, dan prasasti.

Tempat Wisata di Fethiye Turki

20. Oludeniz

Ölüdeniz terletak di Fethiye, merupakan tujuan favorit wisatawan Eropa di Turki. Daerah ini sangat terkenal sekali dengan pantai dan lagunanya yang indah sangat cocok sekali bagi Anda yang suka dengan pantai. Selain berenang dan menikmati sinar matahari, Anda juga bisa ikut tur one day cruise untuk menikmati beberapa objek wisata di sana seperti Blue Cave, Butterfly Valley, St. Nicholas Island dan masih banyak lagi lainnya.


Bagaimana? Apa pendapat kalian tentang artikel 20 Tempat Wisata di Turki yang Indah dan Harus Dikunjungi

Demikianlah artikel tentang 20 Tempat Wisata di Turki yang Indah dan Harus Dikunjungi, semoga bermanfaat.

Anda sedang membaca artikel 20 Tempat Wisata di Turki yang Indah dan Harus Dikunjungi dengan URL http://ayowisata99.blogspot.com/2016/05/20-tempat-wisata-di-turki-yang-indah.html Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk Anda.